Kota Bandar Lampung

1. Museum Lampung

Museum Lampung

Museum lampung adalah salah satu tempat kunjungan wisata sejarah yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi. Terletak dijalan z.a. pagaralam 5 kilometer disebelah utara pusat kota tanjungkarang dan hanya 400 meter dari terminal bus rajabasa.

koleksi yang dapat dijumpai adalah benda-benda hasil karya seni, keramik dari negeri siam dan china pada zaman dinasti ming, stempel dan mata uang kuno pada masa penjajahan belanda dll. Koleksi-kolksi tersebut berjumlah 2.893 buah meliputi benda-benda geologi, biologi, etnografi, arkeologis, dan lainnya.

Museum ruwa jurai dibuka setiap hari kecuali senin dan hari-hari besar.

2. Kerajinan dan Makanan Khas Lampung

Kerajinan

Kain tapis merupakan kain khas lampung yang ditenun dari benang sutera, kapas atau serat nenas dan dikerjakan secara manual. Kain yang dihasilkan itu disulam dengan benang emas atau benang perak sulam polos dengan berbagai motif. Motif dan benang yang digunakan akan menunjukkan nama dari tapis tersebut.

pusat kerajinan dan penjualan kain tapis serta sulaman khas lainnya seperti sulam usus dapat diperoleh di sanggar tapis, gallery dan toko-toko cinderamata di kota bandar lampung, kota bumi dll.

disamping itu dikenal pula satu kerajinan batik di lampung yaitu sebage yang mempunyai ragam khas dan corak warna dengan berbagai variasi motif. Bahan dasar yang di pergunakan adalah sutera dan katun.

Makanan khas lampung seperti sambal, lempok, keripik pisang dll dapat diperoleh di toko-toko yang menjual makanan khas asli lampung yaitu disekitar klenteng telukbetung, supermarket, hotel dll.

3. Rumah Khas / Rumah Adat

rumah-adat-kota

Dengan budayanya yang khas, masyarakat lampung diwilayah kota bandar lampung juga masih memiliki bangunan-bangunan rumah tradisional / adat yaitu :

* Rumah tradisional / adat dikampung ulok gading, rumah ini merupakan kediaman pemuka adat dari salah satu kebandaran dalam struktur adat lampung peminggir/sebatin. Bentuk veranda / teras, tangga rumah, tata letak kamar dan dapur yang khas serta berbagai pusaka / isi rumah diset sebagaimana adanya, sehingga kita dapat melihat / mengetahui dengan jelas dan utuh tentang kekhasan rumah tersebut.

* Rumah tradisional / adat di kampung kedamaian, merupakan rumah peninggalan suatu keluarga besar dari pemuka adat / buay nuwat lampung pubian (pubian telu suku). Pertemuan kekerabatan dan musyawarah adat pada waktu-waktu tertentu sering dilaksanakan

Kawasan hutan kota terletak 5 km arah barat pusat kota bandar lampung yaitu pada sebuah lembah di gunung betung dengan ketinggian 700 m diatas permukaan laut dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau. Kawasan ini diperuntukan bagi para pencinta alam, berhawa sejuk dan pemandangan yang indah dengan kegiatan yang dapat dilakukan yaitu lintas alam dan berkemah.

4. Taman Wisata Alam Bumi Kedaton

bumi-kedaton

Taman wisata alam bumi kedaton menyajikan suasana alam pegunungan dan gemericik sungai yang mengalir sejuk dan alami dengan koleksi satwa yang terus dilengkapi. Atraksi yang dapat dilihat diantaranya yaitu atraksi gajah, kuda pencakdll. Taman wisata ini terletak disebelah barat kota bandar lampung dengan jarak tempuh hanya 15 menit dari telukbetung.

5. Monumen Krakatau

mon-krakatau

Monumen peringatan meletusnya gunung krakatau ini terletak di jl. W.r. supratman telukbetung menempati lokasi taman ( taman dipangga ).

Monumen ini berupa sebuah rambu laut seberat setengah ton yang terlempar akibat gelombang pasang / tsunami setinggi 30 m yag ditimbulkan oleh letusan krakatau tahun 1883. Kala itu tempat / taman tersebut merupakan bagian dari lokasi kantor residen lampung. 2 pohon beringin dan ambon menaungi monuman tersebut dengan latar belakang suasana pusat kota telukbetung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s