Budidaya Pertanian

Budidaya Sayur Terong Pondoh

Terong ialah tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Ia merupakan tumbuhan asli India dan Sri Lanka, dan berhubungan erat dengan tomat dan kentang. Buahnya biasa digunakan sebagai sayur untuk masakan. Nama botaninya Solanum melongena.

Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10-20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5-10 cm (2-4 inci) lebarnya. Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

Budidaya terong meliputi :
1. Persiapan Bibit
2. Persiapan Lahan
3. Penanaman
4. Perawatan (Irigasi, Pupuk, Perompesan, Penyiangan gulma)
5. Panen

Persiapan Bibit
Bibit yang baik merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya, sehingga dalam menyiapkan bibit sebaiknya di perhatikan benihnya, carilah benih bermutu (Usahakan sertifikasi). Tahapan penyiapan bibit :
1. Lakukan pemilihan jenis benih yang akan di tanam (terong pondoh)
2. Rendam dengan air hangat suam-suam kuku selama 15-30 menit untuk memecah dormansi benih
3. Jika benih ingin di semai dalam polibag bisa terlebih dahulu di tebar, pada guludan 1 x 3 m di biarkan tumbuh dengan atasnya di beri naungan dengan plastik transparan agar kelembaban terjaga, selama di semai dalam guludan dilakukan penyiraman setiap sore hari, dan jangan lupa 3 hari sekali di semprot dengan pestisida agar terhindar dari serangga dan serangan bakteri pytium. setelah tanaman berumur 10 hari atau sudah tumbuh 2 helai daun (kotiledon) di pindah kedalam polibag kecil atau contongan daun pisang (jika lokasi dilahan tanam) selanjutnya pelihara hingga 4-5 helai daun selama perawatan bibit jangan lupa diberi pestisida agar bibit tumbuh sehat dan kuat.

Persiapan lahan
Lahan di siapkan sejak bibit mulai di semai, untuk awal lakukan pembajakan saja, dan biarkan selama satu minggu agar gulma sebelumnya mati. kemudian lahan di olah dengan menggunakan cangkul dibuat bedengan sesuai jarak tanam yang di inginkan karena tanaman terog pondoh tajuknya bisa mencapai 70 cm dan buahnya besar. lebar guludan 1 m panjangnya disesuaikan dengan lahan. pasanga mulsa hitam perak dan pola berseling dengan jarak tanam 80 x 80 cm. dengan jarak antar guludan 50 cm.

Penanaman
Bibit yang sudah berdaun 4-5 helai siap di pindah tanamkan dilahan yang sudah disiapkan, tanam secara serentak (satu-2hari selesai) agar pertumbuhan tanaman seragam. penyulaman dilakukan pada tanaman yang mati, terserang hama, penyakit dan tumbuh abnormal.

Perawatan
perawatan sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil panen yang di inginkan, penyemprotan pestisida dilakukan jika terjadi serangan hama, biasanya hama kutu daun, ulat grayak dan belalang yang sering menyerang tanaman terong. irigasi dilakukan dengan irigasi leb (mengalirkan air ke lokasi penanaman) jika air tidak tersedia secara melimpah sehingga tidak memungkinkan menggunakaan irigasi leb sebaiknya menggunakan mesin pompa air (angklon) dan membuat saluran irigasi dengan selang yang ditaruh ditengah guludan dan diberi lubang kecil sehingga air merata ke seluruh lahan jika mesin dihidupkan. pemupukan dilakukan dengan dosis sesuai rekomendasi daerah setempat, sebaiknya pupuk diberikan setiap minggu dengan cara di kocor (larutkan) setiap minggunya konsentrasi meningkat. Tanaman diberi penegak dengan menggunakan bambu (Ajir) setiap tanaman diberi satu buah banbu belah kira2 2 cm, selanjutnya tanaman terong diapit seperti diupagari dengan menggunakan bambu agar tanaman tidak roboh dan batangnya tidak membelah saat buah mulai besar. tunas air di rompes dan disisakan 3-4 buah tunas air, tunas air pada tanaman solanacea akan menghasilkan buah juga pada periode yang tidak terlalu lama seiring muncul percabangan utama tunas air akan membentuk cabang produktif. Gulma dilakukan penyiangan dengan menggunakan cangkul pada daerah antar guludan agar tidak menjadi inang penyakit.

Panen
Panen dilakukan sesuai keingginan jika untuk komsumsi sayur umur 2-2,2 bulan sudah besar dan siap panen.

klik disini tentang dormancy

Iklan

2 Balasan ke Budidaya Pertanian

  1. Herdi King berkata:

    benih terung kan bersifat lekalsitran, berrti benih itu harus disimpan, tonlong dibuat ya cantuman dan masa dormansi benih tersebut ………….
    mohon petunjuk

  2. multiagritek berkata:

    di tautan ini ada tentang dormancy benih terong….. klik disini

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s